Penyebab kabel fleksibel Putus

Penyebab kabel fleksibel Putus

Apa sebenarnya penyebab kabel fleksibel putus?
Jika anda ke tempat service Hp, Laptop, atau Kamera digital pasti anda sering mendengar, “unit ini kabel fleksibelnya putus harus ganti” atau “unit ini rusak kabel fleksibelnya”.
Mari kita bahas lebih jauh mengenai penyebab kabel fleksibel putus tersebut sesuai dengan pemahaman saya selama ini dalam service kamera digital.
Kabel Fleksibel digunakan untuk menghubungkan suatu block komponen ke komponen yang lain, ada yang di pasang pada block yang tak bergerak dan block yang bergerak.

Kabel Fleksibel pada block komponen tak bergerak

Biasanya kabel fleksibel ini dipakai untuk menghubungkan blok komponen yang sama-sama tidak bergerak, seprti contoh pada LCD handphone model candybar dimana kabel fleksibel digunakan untuk menghubungkan LCD dengan mainboard. Contoh lain seperti pada komponen laptop yaitu keyboard yang menggunakan kabel fleksibel untuk menghubungkan dengan mainboard laptop.
Pada kamera digital juga ada pada block LCD (model statis/LCD tidak bisa diputar-putar), key block control, atau juga flash unit ke main board.
untuk kabel fleksibel jenis ini jarang sekali ada masalah, mungkin baru bermasalah apabila unit sudah usia tua, atau desain model yang menjepit kabel fleksibel tersebut sehingga robek, atau unit terkena air yang menyebabkan masalah koneksi.

Kabel Fleksibel pada komponen bergerak.

Seperti pada Handphone model Flip atau model sliding, jika pada Flip yaitu membuka menutup LCD, sedangkan sliding gerakan membuka keypad. keduanya menggunakan kabel fleksibel untuk menghubungkan block yang satu dan dan lainnya yang bergerak. Gerakan ini mempunyai efek pada kabel fleksibel karena ikut bergerak, dan kabel fleksibel sendiri pun punya daya kelenturan tersendiri, jika sudah teralu lama atau sering bergerak maka akan lelah ( fatiq ) dan selanjutnya putus, pada handphone jarang sampai putus total biasanya hanya putus sebagian yang menyebabkan LCD blank putih.
Jika pada Kamera digital atau handycam yang paling sering adalah pada lensa (karena gerakan maju-mundur/zoom in-zoom out), LCD pada handycam (gerakan buka-tutup LCD), Mekanik handycam (gerakan buka-tutup untuk memasukkan kaset), view finder handycam (khusus untuk yang model bergerak).

Jadi kesimpulannya adalah pada unit yang mempunyai komponen bergerak memang sudah wajar jika suatu saat kabel fleksibel nya putus, karna kabel fleksibel mempunyai usia pakai/kekuatan kelenturan yang akan menurun.

dari penjelasan tersebut apakah sudah mengerti penyebab kabel fleksibel putus?
jika kurang jelas mengenai penyebab kabel fleksibel putus bisa langsung ditanyakan ke admin saja :)

Semoga bermanfaat
Malang Digital Service

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *