Cuci Lensa di Malang

Lensa anda berjamur?, berdebu?, atau macet (jawa : seret) ?

Lensa merupakan alat vital pada kamera karna merupakan bagian yang menentukan kualitas suatu gambar sebelum masuk ke sensor dan di proses mainboard.
Jika ada kotoran, debu atau jamur pasti hasil gambar akan menjadi buram atau terdapat noda.

Cuci Lensa di Malang

Membersihkan lensa  atau cuci lensa bisa saja dilakukaan oleh orang umum karena peralatan pembersih banyak tersedia di toko toko kamera, hanya saja jika kotoran itu sudah masuk kedalam lensa itu menjadi pilihan pengguna, mau di bongkar sendiri atau di servicekan saja??
Lensa merupakan alat mekanik yang cukup rumit, bagi yang belum pengalaman sebaiknya jangan coba-coba untuk bongkar sendiri, karna akan sayang jika lensa anda nanti cacat (gores) atau ada yang patah karna dipaksakan pembongkaran atau saat menutupnya.
Apa saja yang menyebabkan lensa harus di bersihkan total atau biasa disebut di cuci lensa :

  1. Lensa Berjamur , lensa berjamur atau fog bisa di sebabkan oleh berbagai macam sebab biasanya jamur /fog muncul kalau lensa ditempat lembab, ada air yang masuk melalui celah celah lensa, lalu ketika lensa tersebut dibawa ke tampat yang agak panas, atau beda temperature nya, air tadi menguap dan timbul fog, air ini bisa tercampur dengan material lensa (entah itu lem, coating lensa, atau material plastik lensa) sehingga menempel erat pada coating lensa. Atau ada juga yang berpendapat karena kualitas lem pada lensa yang menurun (lensa terlalu tua) sehingga menyebabkan terjadinya jamur tersebut.
  2. Lensa berdebu , dari nama kerusakan pasti pengguna sudah mengerti maksudnya. Debu ini bisa saja hanya berpengaruh pada kualitas gambar yang di ambil tapi jika terlalu banyak dan masuk ke rel-rel mekanik lensa akan menyebabkan kamera jadi macet (seret).

Tips sederhana untuk mengetahui apakah noda pada hasil gambar tersebut berasal dari lensa apakah sensor sebelum cuci lensa yaitu coba ganti lensa anda jika masih ada noda berarti kotoran tersebut berasal dari sensor dan bisa di coba di lihat dengan cara lepas lensa anda, set ke manul,batt harus penuh, masuk ke menu cleaning sensor. Nah disini bisa dilihat ada kotoran nya, kalau berani untuk membersihkan silahkan asal hati-hati karena jika menggores akan berakibat fatal.
Malang Digital Service menerima cuci lensa di Malang dan area sekitarnya, penanganan cuci lensa kami lakukan sendiri bukan di oper ke tempat lain, untuk info lebih lanjut mengenai cuci lensa bisa kontak kami lewat SMS atau phone.

Semoga bermanfaat.
Salam,
Malang Digital Service

5 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *